Rabu, 11 Mei 2011

CD-ROM

Asssalamu'alaikum ... 
Sahabat blogger sekalian ,dipostingan hari ini saya akan membahas tentang "CD-ROM"

CD-ROM (dieja /ˌsiːˌdiːˈrɒm/, merupakan akronim dari "compact disc read-only memory")) adalah sebuah piringan buat makan dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.

CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.




Jenis-Jenis CD-ROM


Jenis TDK Veldoc
Jenis lain adalah TDK Veldoc 16/9/40. TDK memang merupakan produsen yang baru muncul dalam beberapa tahun ini. Namun tidak berarti teknologi yang ditawarkan merupakan pemula, hal ini bisa dilihat pada produknya yang mempunyai banyak kemampuan. CD-ROM mempunyai kecepatan membaca 16x, sedang CD-RW mempunyai kecepatan menulis 9x dan membaca 40x.

Jenis Hewlett Packard
      Hewlett Packard yang merupakan salah satu produsen CD-RW tertua didunia, kini memproduksi HP Surestore. Salah stu produk terbarunya adalah Surestore 990 dengan kecepatan pembacaan 8x dan 4x tulis. Walaupun nampak lambat, CD-RW dari HP ini juga dilengkapi dengan labeling kit dan software perekam.

Optical Disk
        Jenis lain dari CD-ROM adalah optical disk yang secara pisik mempunyai bentuk seperti halnya laser disk karena harganya relative mahal, optical disk ini menjadi tidak opuler bagi para pengguna computer


Troubleshooting
1.      Tidak dapat membaca masukan ketika CD dimasukan 
2.      Muncul pesan kesalahan pada saat booting awal computer dihidupkan
3.      Membaca masukan dengan pross yang sangat lama
4.      Bunyi tidak menentu

 Solusi 
1. Matikan computer dan cek kabel data serta jumper pasang pada posisi Master
2.Hidupkan computer kembali dan apabila kesalahn masih muncul cobalah untuk mengganti dengan kabel data yang lain.
3.Apabila kesalahan masih muncul alagi cobalah untuk menganti dengan CD-Rom yang lain yang masih bisa digunakan.
               4.Apabila CD-Rom bunyi tidak menentu kemungkinan error pada head sehingga perlu diganti dengan yang lain.
              5.Apabila kesalahan masih muncul lagi kemungkinan soket pada mainboard sudah error sehingga dapat diganti dengan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar